;

CLAIRE ELLEN.WANITA YANG DISERANG PENYAKIT TIDUR!


Claire Allen, seorang wanita berusia 35 tahun menderita serangan 'cataplexy' yang merupakan gejala penyakit narcolepsy (kelainan tidur kronik). 

Hanya disebabkan oleh emosi kuat seperti rasa takut, terkejut atau tertawa, Claire boleh kehilangan keseimbangan keatas tubuhnya dan terus tertidur secara mendadak meskipun dia sedar apa yang terjadi.

Setiap serangan berlaku antara 30 saat sehingga lima minit, serangan yang terburuk boleh mencapai 100 kali dalam sehari. Satu 'kejutan' ringan yang membuatnya tertawa dapat menyebabkan serangan sehingga membuat dirinya tidak berdaya dan terus tertidur malah boleh sampai terjatuh di lantai.



Untuk mengatasi serangan ini Claire menggunakan ubat bernama Xyrem yang baru diciptakan untuk membantu penghidap narcolepsy. Claire menggambarkan bagaimana saat pertama kali dia kehilangan kemampuan bicara dan penglihatannya sebelum mengonsumsi obat tersebut.

"Serangan disebabkan emosi yang berlebihan. Tetapi ketawa adalah penyebab utamanya. Gejala pertama yang dirasakannya ialah kepalanya akan terasa lemas dan tidak boleh ditahan seperti anak kecil mengantuk yang mencuba untuk tetap terjaga. Setelah enam bulan, terjadi serangan cukup hebat dan tubuhnya terasa longlai," kata Claire.

"Beberapa tahun lalu, saya berhenti mengambil segala macam ubat. Aku mulai meneliti gejala yang saya hadapi, serangan mencapai seratus kali dalam sehari. Saya berhadapan serangan apabila sedang berinteraksi dengan orang lain. Tidak ada rasa sakit tetapi saya tidak boleh bercakap dan berkomunikasi tentang apa yang terjadi. Setelah itu saya pitam dan merasa tubuh lunglai," katanya lagi.

Narkolepsi menyebabkan gangguan teruk pada pola tidur dan Claire yang bekerja sebagai seorang peneliti di British Antarctic Survey, terjaga sekitar 20 sampai 30 kali setiap malam. Dengan mengambil Xyrem, Claire dapat tidur panjang selama sekitar tiga setengah jam. Kemudian dia harus makan kembali ubat tersebut pada tengah malam untuk bisa cukup tidur.

"Selama lima tahun saya tidur tidak lebih dari satu jam. Jadi jika saya tidur lebih dari tiga jam,itu merupakan satu keajaiban, kata Claire.

Pakar menemukan bahawa narcolepsy dapat menyebabkan ketidak aturan sel otak yang mengawal hormon tidur, hypocretin. Kajian menunjukkan sebanyak 25,000 orang di Eropah mengalami masalah narcolepsy dan tidak dirawat.

Claire juga mengatakan dia berhenti membawa kereta selama lima setengah tahun setelah menghidapi narcolepsy. Rawatan yang saat ini dijalaninya juga membuatkannya mampu tidur lebih normal.

"Dokter mengatakan narcolepsy dapat menurunkan pertumbuhan kuku dan rambut karena keduanya tumbuh saat kita tidur. Aku selama bertahun-tahun tidak tidur dengan normal. Aku tetap berharap hidupku kembali normal," kata Claire.


http://www.duniajunko.com/2011/10/claire-ellenwanita-yang-diserang.html

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...