;

Kuburan Jasad Viking Berusia 1.000 Tahun Ditemukan

 Ardnamurchan-Skotlandia: Jasad prajurit viking yang telah terkubur di dalam kapalnya selama seribu tahun berhasil ditemukan arkeolog di Skotlandia. Laman Dailymail mewartakan, Rabu (19/10), dilihat dari kemewahan makamnya, dia adalah seorang prajurit Viking terhormat. Ia ditempatkan di perahu dengan perisai di atasnya.

Jasad prajurit itu ditemukan dengan kapak, pedang bergagang dihiasi dengan indah, tombak, perisai, cincin perunggu dan tembikar. Barang lain yang ditemukan termasuk batu asahan dari Norwegia untuk mengasah pisau dan cincin dari Irlandia yang menunjukkan bahwa dia telah bepergian jarak jauh saat hidupnya.

Seluruh barang dan jasad di situs itu sudah hancur. Hanya dua gigi dan beberapa fragmen tulang yang tersisa. Ada 200 logam paku dengan serpihan-serpihan kayu kecil yang digunakan untuk menahan agar kapal sebagai tempat peristirahatan terakhirnya yang tetap utuh.

Kuburan yang digali di Ardnamurchan, Skotlandia, adalah penemuan pertama yang berhasil didapatkan para arkeolog dalam keadaan "sempurna" di daratan Inggris. Kapal yang dijadikan kuburan itu diperkirakan berasal dari 1.000 Masehi, Zaman Viking Kedua.

Penguburan di kapal Viking sangat langka karena hanya disediakan untuk tokoh-tokoh penting. Selain itu, kuburan Viking telah banyak menghilang karena jamak terjadi pengikisan di daerah pesisir selama bertahun-tahun.

Dr Hannah Cobb dari Universitas Manchester, Inggris, mengatakan, "Orang telah terpesona oleh kuburan kapal untuk waktu yang lama tetapi sangat jarang menemukan situs pemakaman utuh. Para artefak dan pelestari membuat ini sebagai salah satu kuburan paling penting yang pernah digali di Inggris." (Vin)

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...